Sabtu, 21 Februari 2015

apakah PASSION itu?

Beberapa tahun ini kita menjadi sangat familiar dengan kata Passion? di buku-buku, seminar, bahkan kantor-kantor sering kata Passion ini kita gunakan. Bahkan anak-anak kita juga kita coba bantu arahkan agar dapat menemukan Passion nya.

menurut merriam-webster.com definisi Passion adalah a strong feeling of enthusiasm or excitement for something or about doing something. Karena nya banyak yang menyampaikan apabila kita bekerja sesuai dengan Passion kita maka kita akan merasa "tidak bekerja" karena kita senang dengan apa yang kita kerjakan.

Wah suatu definisi yang indah, lalu kalau begitu PR kita adalah 
1. Bagaimana menemukan passion kita?
2. Apakah dengan bekerja sesuai dengan Passion kita, maka kita tidak akan pernah Stress. Karena kita menikmati pekerjaan kita

kata passion ini begitu positive nya sampai-sampai kadang saya merasa ini sering dijadikan alasan oleh kita, untuk "melarikan diri" dari apa yang kita lakukan dengan alasan bahwa "tidak sesuai passion saya"

Bagaimana menemukan atau kita yakin apa sebenarnya Passion kita?
biasanya kita akan berkata bahwa, hal 'A' adalah passion saya, karena saya senang mengerjakannya dan tanpa perasaan terpaksa. Saya pribadi merasa bahwa hal inilah yang bisa berbahaya dan menjadi jebakan. karena apa yang kita rasa kita senang mengerjakannya hanyalah bersifat subjective dari diri sendiri.

Berikut beberapa pemikiran agar kita dapat lebih yakin akan passion kita, point2 ini hasil dari beberapa literatur dan diskusi yang coba saya kumpulkan.
1. Saya senang melakukan sesuatu dengan penuh semangat dan pengabdian, point ini saja tidak cukup, dan harus diikuti oleh point-point selanjutnya.
2. Selain saya senang melakukannya, saya selalu ingin melakukannya lagi bahkan sebelum pekerjaan tersebut selesai.
3. Orang lain memberitahu saya, apa yang saja kerjakan terlihat mudah padahal sangat sulit untuk orang lain. Passion anda pastinya sejalan dengan kualitas hasil perkerjaan anda. Apabila orang lain tidak melihat hasil yang baik dari pekerjaan anda yang anda pikir passion anda, bisa jadi kita hanya terbawa hobby. Input dari orang lain ini sangat penting agar kita mendapatkan input yang objektif.
4. Pada saat kita menghadapi masalah pada apa yang kita kerjakan, maka kita akan terus berusaha mencari jalan keluarnya, bukan malah sebaliknya berkata "wah saya stress, sepertinya ini bukan passion saya".

Jika begitu apakah jika kita bekerja sesuai dengan Passion kita maka kita tidak akan pernah stress?, saya pribadi beranggapan, dalam setiap pekerjaan yang kita kerjakan pasti "stress" ada tantangan apabila tidak ingin kita sebut sebagai permasalahan. Dengan bekerja sesuai dengan passion kita, maka pasti tantangan akan terasa ringan dan bukan kita anggap sebagai beban.

Jadi apakah passion kita?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar