Minggu, 20 Desember 2015

Sistem IT Baru, Beli Produk Jadi atau Buat Sendiri ?




Salah satu pertanyaan yang muncul pada setiap kali saya berdiskusi dengan rekan-rekan atau dengan calon pelanggan adalah, "kami akan mengganti sistem lama kami, mana yang lebih baik, membuat/membangun sendiri sistem tersebut atau membeli produk yang sudah ada di pasar?"

Suatu pertanyaan yang sangat simple, akan tetapi mungkin sulit untuk dijawab. Tulisan ini mungkin hanya bisa memberikan sedikit gambaran dari hal-hal apa saja yang menjadi pertimbangannya.

Saya coba membatasi sharing kali ini hanya akan membahas secara umum. Detail seperti apabila membeli system yang sudah tersedia, apakah lebih baik membeli system yang di buat lokal atau system yang dibuat dan didistribusikan secara internasional? apabila membuat system sendiri, apakah lebih baik menggunakan team internal sendiri atau menggunakan team dari luar perusahaan (Outsource). Dua diskusi khusus tersebut akan saya coba bahas secara terpisah agar tidak menjadi terlalu melebar dan menjadi kompleks.

Jenis aplikasi yang saya bahas disini adalah aplikasi bisnis yang secara umum digunakan hamper disemua perusahaan, sehingga tentunya tersedia di pasar dan juga bias kita buat. Untuk aplikasi sangat khusus seringnya kita tidak memiliki pilihan selain membeli dari supplier, contohnya adalah aplikasi untuk Testing suatu produk, anda membuat ban mobil dan membutuhkan aplikasi untuk testing kualitas ban, biasanya aplikasi seperti ini sulit untuk dibuat. Hal ini dikarenakan kompeksitas teknis, pengetahuan yang hanya ada dikalangan tertentu juga karena integrasi dengan mesin.

Dalam tulisan-tulisan sebelumnya saya selalu menekankan betapa penting nya User Requirements / List Kebutuhan Pengguna dari setiap proyek IT yang akan dijalankan. Tanpa User Requirements yang jelas maka Ekspektasi pengguna dari system baru yang diharapkan akan sulit untuk terpenuhi.
Pada saat kita membuat User Requirements ini maka harus dapat diklasifikasikan mana saja yang Penting/Mandatory/Harus ada dan mana saja yang Nice To Have / baik jika ada. Tentunya hal ini harus dibahas sebagai team, karena apabila diserahkan kepada masing-masing pengguna, mereka pada umumnya akan menyampaikan bahwa "semuanya Penting". Tidak ada salahnya apabila semua requirement ingin dianggap penting, namun yang harus dipertimbangkan adalah apabila anda membuat list yang sangat panjang, pada akhirnya kita tidak akan mendapatkan aplikasi siap jadi yang bisa kita beli, juga apabila kita buat tidak akan pernah selesai atau biasanya kita sebut menjadi "never ending project".

Berikut saya coba berikan perbandingan secara umum kelebihan dan kekurangan untuk membeli aplikasi yang sudah tersedia di pasar di banding membuat aplikasi sendiri.

BELI Kelebihan Kekurangan
1 Menghemat Waktu (Produk Sudah Jadi) Tidak dapat 100% mengikuti kebutuhan 
2 Permasalahan, terutama yang menyangkut Bugs lebih terkontrol karena sudah digunakan pengguna lain Secara implisit kelihatan lebih mahal dibanding membuat, terutama investasi diawal.
3 Mendapatkan masukan/pengalaman secara proses dan fungsi dari aplikasi yang dibeli, yang digunakan oleh perusahaan lain  
4 Support Jangka Panjang relatif lebih mudah, karena sistem sudah tersedia. Support Jangka Pendek tergantung dari vendor aplikasi
BUAT Kelebihan Kekurangan
1 Dapat mengikuti 100% kebutuhan Membutuhkan waktu yang relatif lama untuk membuat
2 Secara implisit kelihatan lebih murah dibanding membeli aplikasi yang sudah jadi. Namun bisa menjadi lebih mahal apabila scope pekerjaan tidak dijaga dengan baik Testing harus dilakukan lebih banyak dikarenakan belum pernah digunakan, jika tidak akan sangat bermasalah pada saat digunakan
3   Jadwal sangat mudah untuk mundur dikarenakan Flexibilitas permintaan dari pengguna.
4   Membutuhkan Team untuk membangun aplikasi yang dapat berkomitment, atau aplikasi tidak selesai karena team yang tidak dapat dipertahankan.
5 Support jangka pendek lebih baik dengan team yang dimiliki sendiri Support jangka panjang sangat tergantung kepada team yang membuat aplikasi, sehingga harus dipertahankan

Tentunya tulisan ini tidak bermaksud untuk memberikan bobot kepada salah satu pilihan, juga tidak berusaha menyederhanakan, karena untuk memutuskan membeli atau membuat system IT bukan suatu perkara mudah apabila kita mempertimbangkan semua sisi.

Point paling penting adalah Requirements VS Resources.
Apabila anda mempunyai team IT yang mumpuni dan anda dapat memastikan team tersebut tidak keluar/resign sebelum proyek selesai juga memastikan support jangka panjangnya. Maka tidak ada salahnya anda mengambil jalan untuk membuat sendiri aplikasi tersebut.

semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar