Jumat, 02 Januari 2015

Resolusi di tahun baru 2015


Memasuki tahun baru adalah saat-saat yang selalu kita gunakan untuk membuat target-target baru. Umumnya resolusi yang kita buat hanya bertahan beberapa bulan, bahkan kita sering sudah melupakan apa yang kita targetkan, sampai tiba di penghujung tahun baru kita menyadari banyak dari target kita yang tidak tercapai, dan biasanya kita memakluminya.

Membuat target kadang terasa mudah, namun melakukan target-target tersebut merupakan sebuah tantangan tersendiri. dalam bukunya Goals!: How to Get Everything You Want -- Faster Than You Ever Thought Possible, Brian Tracy menjelaskan sebuah GOAL yang tidak dituliskan kemungkinan besar akan tidak terealisasi atau malah terlupakan setelah beberapa bulan berjalan.

Jadi kunci pertama dari resolusi adalah apa yang kita targetkan harus dituliskan, dan diletakkan ditempat yang sering kita lihat agar selalu teringat. selain itu resolusi harus dituliskan dengan spesifik. Sering kita hanya membuat resolusi secara umum: Ingin hidup lebih sehat. titik tidak spesifik bagaimana hidup lebih sehat tersebut dicapai.
Apabila kita ingin mencapai hidup lebih sehat misalnya resolusinya dapat menjadi: jalan pagi 5Kilometer seminggu 3 kali. dengan demikian sepanjang tahun kita dapat menentukan strategi-strategi yang perlu kita gunakan agar jalan pagi 5KM bisa tercapai.

Selain harus dituliskan, dan harus spesifik, target kita juga harus realistis. Misalnya saat ini kita tidak pernah berolah raga, namun target 2015 kita ingin ikut lomba lari Marathon. Target yang terlalu tinggi sering membuat kita tergoda untuk tidak merealisasikannya.

Selama memasuki tahun 2015, dan membuat resolusi yang baru yang akan kita capai pada akhir 2015.

Selamat Mencoba.
Andy Djojo Budiman





Tidak ada komentar:

Posting Komentar